Perpustakaan
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi

Kiat Membangun Motivasi Minat Membaca

06 May 2020


Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.
Yang mengajar (manusia) dengan perataraan kalam (pena).
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

~ Q.S. Al-Alaq 1-5 ~

 

Membaca adalah suatu aktivitas penting bagi semua orang. Seperti halnya wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW pada Surat Al-Alaq yang berisikan tentang perintah untuk membaca. Namun seringkali membaca menjadi hal yang sangat dihindari atau malas oleh sebagian orang. Hal inilah merupakan salah satu faktor mengapa negara kita susah bersaing dari negara-negara maju di dunia. Padahal, kalau misalnya kita mau berkaca pada negara-negara maju tersebut penduduknya memiliki kualitas membaca yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara kita.

Bila dulunya membaca identik dengan buku atau media cetak lainnya, namun di zaman now ini membaca sudah tidak lagi terpaku pada media kertas saja karena segala informasi telah tersedia pada media digital internet dan lain sebagainya. Dengan demikian tidak ada alasan bagi kita sulit untuk mencari bahan bacaan yang ingin kita baca. Adapun beberapa langkah awal untuk memulai dan memelihara kebiasaan membaca:

Pikirkan Apa yang Ingin Mulai Dibaca

Salah satu kunci terbesar seseorang yang ingin mulai membiasakan diri membaca adalah dengan menentukan image bacaaannya. Mungkin dari sini kamu bisa memulainya dengan membaca koran ataupun media informasi lainnya. Karena penggunaan bahasa yang digunakan cukup berimbang. Selain itu Anda juga dapat memilih buku-buku yang menarik terkait dengan minat dan hobi Anda. Misalnya dengan membaca komik, hal semacam ini selain terdapat gambar-gambar yang akan membuat Anda tertarik juga akan mudah diserap bagi Anda.

Mulai dari Hal yang Mudah dan Kecil

Jangan memilih buku setebal 500 halaman untuk memulai minat dalam membaca. Kemungkinan yang terjadi Anda malah akan berhenti di sebagian halaman. Karena buku yang besar memerlukan kesabaran lebih untuk mengungkap isi yang di ulas. Kesabaran semacam ini sangat sulit dilakukan bagi pemula. Buatlah kuantifikasi. Ketahuilah dengan menyelesaikan buku pertama Anda akan membuat Anda terus berlanjut. Tidak masalah apakah itu 5 atau 5000 halaman. Satu buku adalah satu bahan pemikirian.

Membangun Sebuah Momentum

Jika Anda hanya bisa membaca satu artikel berita atau satu halaman setiap hari. Tetaplah begitu. Pada awalnya inilah hal yang dibutuhkan. Momentum yang tepat sangat penting untuk membangun kualitas membaca Anda. Sungguh tidak elok jika Anda membaca 100 halaman dalam sehari dan kemudian tidak menyentuh buku selama berminggu-minggu kemudian.

Memilih Jenis Bacaan yang Berbeda

Anda dapat memilih berbagai genre mengapa Anda membacanya. Salah satu alasan untuk memperbaiki tata bahasa, mendapatkan pengetahuan, atau hanya ingin melakukannya sekedar hobi. Namun tidak seharusnya membuat bola mata Anda terpukul dipercobaan pertama. JIka Anda terbilang pemula Mulai dari genre yang kecil terlebih dahulu dengan membaca cerita fiksi seperti cerpen dan novel, berlanjut lagi ke buku-buku praktis. Lalu berlanjut lagi ke buku motivasi dan pengembangan diri. Hingga jika sudah merasa mampu dari skill membaca Anda dapat beralih ke buku-buku politik dan sejarah. Satu hal yang pasti, sesuaikan terhadap minat Anda. Agar niat membaca tidak berasal dari pikiran saja, namun juga dalam hati.

 

By : Rifqi Fauzi Rahmadzani

 

Perpustakaan KEMENDESA © 2019